TENTANG KAMI
Konsep Pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu Binaul Ummah
1. Keterpaduan Kurikulum Kepribadian Islam, Tsaqofah Islam dan Ilmu
Kehidupan
Pendidikan Islam yang merupakan upaya sadar, terstruktur,
terprogram dan sistematis bertujuan
untuk membentuk manusia yang berkarakter, yakni (1) berkepribadian Islam, (2)
menguasai tsaqofah Islam, (3) menguasai ilmu kehidupan (pengetahuan dan
teknologi).
Tujuan ini merupakan konsekuensi keimanan seorang muslim dalam seluruh aktivitas kesehariaannya. Identitas kemusliman akan nampak pada kepribadian seorang muslim, yakni pada pola berpikir (aqliyah) dan pola bersikapnya (nafsiyah) yang distandarkan pada aqidah Islam. Islam mendorong setiap muslim untuk maju dengan cara men-taklif-nya (memberi beban hukum) kewajiban menuntut ilmu, baik ilmu yang berkaitan langsung dengan Islam (tsaqofah Islam) maupun ilmu pengetahuan umum (iptek).
Menguasai ilmu kehidupan (iptek) dimaksudkan agar umat
Islam dapat menjalankan fungsinya sebagai khalifah Allah SWT dengan baik di muka bumi ini. Lebih dari itu, Islam
bahkan menjadikannnya sebagai fardlu
kifayah, yaitu suatu kewajiban yang harus dikerjakan oleh sebagian rakyat
apabila ilmu-ilmu seperti teknik, kedokteran, pertanian dan sebagainya sangat dibutuhkan umat.
2. Keterpaduan Pendidikan
Sekolah, Keluarga dan Masyarakat